Thursday, January 22, 2015

SEKILAS TOKOH


SOEGIHARTO


Soegiharto lahir di medan pada tanggal 29 april 1955. beliau menjabat sebagai menteri pembinaan BUMN di kabinet Indonesia Bersatu. sebelumnya, beliau pernah menjabat sebagai direktur keuangan PT Medco Energi Internasional (perusahaan minyak nasional)

Pertimbangan bahwa soegiharto adalah seorang profesional membuatnya diangkat menjadi menteri. setelah menjabat sebagai menteri, beliau berjanji privatisasi BUMN dan divestasi bank tidak dilakukan secara beraturan. beliau akan menyempurnakan kedua programtersebut. ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi yaitu waktu harga, danjumlahnya. beliau berpendapat bahwa setiap langkaj privatisasi harus dilakukan secara bersih dan bertanggung jawan serta di ketahui oleh masyarakat luas.beliau tidak ingijn kementerian nya diintervensi atau jadi sapi perah kepentingan politik.

setelah menamatkan pendidikan S-1 dijurusan akuntansifakultas ekonomi universitas indonesia. beliau menlanjutkan pendidikan master  di universitas amsterdam


perjalanan karier soegiharto dimulai dengan bekerja di kantor akuntan publik (KAP) Drs. Utomo. setlah itu,beliau hijrah ke chemical bank and bankers trust company selama sembilan taun. berbekal pengalaman bekerja nya tersebut, membuat beliau mempunyai keahlian menganalisis perusahaan dengan sangat baik.

langkah besar yang di ambil beliau ketika bekerja di Medco adalah memisahkan Medco menjadi dua bagian besar, yaitu industri migas sebagai bisnis utama dan bisnis yang tiak berhubungan langsung dengan bisnis utama (secondary business). pada tahun 1991, soegiharto menduduki jabatan sebagai direktur ke uangan dam administrasi PT Medci Energi Internasional. pada tahun 1992, Medco menjadi perusahaan terbuka di bawah kepemimpinannya

Sumber : www.tokohindonesia.com

No comments:

Post a Comment